Pensiun Dini, Sang Letkol Siap Menuju Udayana

Caption foto//Caleg PKPI Provinsi NTB Dapil Sumbawa-Sumbawa Barat, Letkol (Purn) Zulkarnaen,  SE.MM.
Mengenal Dua Tokoh Hebat Punggawa PKPI Sumbawa
SUMBAWA—-Letnan Kolonel (Purn) Zulkarnaen Rayes mungkin tidak asing bagi sebagian kalangan dan tokoh masyarakat wilayah barat Kabupaten Sumbawa.

Mantan perwira menengah TNI Angkatan Darat (AD) ini bulat terjun ke politik karena komitmen membangun agenda politik berbasis militansi demi merepresentasikan keterwakilan masyarakat di parlemen.

“Saya di besarkan TNI, di didik dan bermental komando. Tegline kami, Disiplin, amanah dan militansi. Ini konsep besar di TNI yang kita bawa serta aplikasikan dan mewakili aspirasi masyarakat,” ujar, putra kelahiran, Juran Alas, Kecamatan Alas, Sumbawa Nusa Tenggara Barat, Minggu (10/2).

Menjabat lima kali menjadi Komandan Detasemen (Danden) dan komandan Batalyon di jajaran Komando Cadangan Strategis (Kostrad), Zulkarnaen bulat memutuskan mengajukan pensiun dini dari dinas militer guna terjun ke dunia politik.

“Kami sudah buktikan pengabdian kepada negara. Tugas sebagai anggota TNI itu bagian dari pengabdian kepada rakyat. Jadi pengabdian kami teruji. Insya Allah kami bertindak terukur dan berbuat besar untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbawa Sumbawa Barat,” katanya lugas.

Zulkarnaen bertugas 30 tahun di TNI. Lulusan magister management di Universitas Lampung ini berusaha mendapat tempat di hati masyarakat Sumbawa Sumbawa Barat dalam membawa perubahan bagi tanah Samawa terutama di tanah kelahirannya, Alas.

Zulkarnaen, adalah Calon Legislatif (Caleg) Provinsi NTB nomor urut 1 Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI). Ia memilih PKPI karena partai besutan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendro Priyono dianggap memiliki management kepartaian berbasis integritas dan garis komando yang jelas seperti halnya edeologi militer.

Ketua DPK PKPI Sumbawa, Muhammad Sa’ad.

Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) PKPI Sumbawa, Muhammad Sa’ad menegaskan, PKPI menerjunkan Letnan Kolonel (Purn) sebagai kader terbaik PKPI yang duduk di Udayana nanti. Ia menegaskan telah menginstruksikan seluruh kader seluruh Dapil di Sumbawa dan berkoordinasi dengan kader PKPI Sumbawa Barat untuk bulat memenangkan Zulkarnaen ke Udayana.

“Saya memohon dan menginstruksikan seluruh kader PKPI di tanah Samawa untuk memperkuat basis massa dan politik Zurkarnaen demi kemajuan partai dan kekuatan politik kewilayahan,” tegasnya.

Sa’ad sendiri adalah Caleg PKPI nomor 1 Dapil IV Alas, Alas Barat, Buer dan Utan. Anggita DPRD dan Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumbawa dua periode.

“Intinya, buktikan dengan perbuatan dan kewenangan jabatan jika kita bisa berbuat. PKPI dua periode telah berbuat optimal bahkan lebih dari anggota DPRD lainnya. Utamanya pemberdayaan, infrastruktur kemasyarakatan hingga pendampingan usaha rakyat,” terangnya.

Tokoh masyarakat Alas, Arahman Rayes yang juga mantan anggota DPRD Sumbawa periode 2009-2014 menegaskan dukungan politiknya kepada Zulkarnaen dan Muhammad Sa’ad untuk duduk mewakili warga masyarakat Alas di DPRD NTB dan Sumbawa.

Tokoh dan sesepuh masyarakat Alas, Arahman Rayes saat memberikan orasi politik dan dukungannya, Minggu (10/2).

“Saya sebagai tokoh mengingatkan akan amanah yang harus ditunaikan. Kepada rakyat tidak perlu basa basi yang penting bukti. Buat apa banyak duduk di parlemen tapi tak mampu berbuat sesuai harapan rakyat. Lebih baik sedikit tapi berbuat banyak,” aku, tokoh sepuh ini.

Menurut Arahman Rayes, politisi besar itu harus konsisten dan berusaha. Dia harus memahami gerak nadi kebutuhan masyarakat. Karenanya, ia mengajak masyarakat untuk membulatkan tekat mendukung dua tokoh penting PKPI ini. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *