Penyebaran Benih Ikan Oleh Mahasiswa KKN Di Bendungan ” Mega “

Ampenan News. MATARAM- Penyebaran benih ikan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram merupakan salah satu bagian dari program kerja KKN mereka yang bertema: “Program Peningkatan Pedidikan Nonformal, Kesadaran Hukum dan Teknologi di Desa Jelantik Kec. Jonggat Kab. Lombok Tengah”.

 

KKN ini sendiri telah dimulai dari pertengahan Maret Tahun 2016 dan akan berlangung hingga awal April ini. Berdasarkan hasil potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh Desa Jelantik, maka para mahasiswa KKN menyebarkan benih ikan pada bendungan yang ada di desa.

Bendungan ini sendiri berada di sebelah utara desa Jelantik dan dikelilingi oleh tiga dusun yaitu dusun Dangah, dusun Dasan lekong dan dusun Mentokok. Luas bendungan ini sendiri sekitar 2 Ha.

Selama ini difungsikan untuk mengaliri persawahan wilayah desa Jelantik dan sekitarnya hingga ke wilayah lain. Kondisi air yang stabil. Potensi bagus inilah yang dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN untuk menyebarkan benih ikan Nila yang sebelumnya telah dipesan di tempat penjualan benih ikan di Lingsar Lombok Barat.

Jenis ikan yang disebar adalah jenis ikan Nila dengan panjang kurang lebih 2 cm. alasan pemilihan jenis ikan ini karena ikan Nila adalah salah satu jenis ikan yang memiliki daya tahan hidup yang bagus dan kuat. Benih ikan yang disebar sebanyak 3500 ekor.

 (KKN) TEMATIK UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2016.2

Penyebaran benih ikan Nila ini disambut baik oleh masyarakat, pihak pemeritah desa dan generasi muda yang menghadiri kegiatan ini. Nampak hadir juga perwakilan dari Kepolisian (Bhabinkamtibmas Desa Jelantik) dan anak-anak Desa Jelantik pun antusias mengikuti acara ini.

Acara berlangsung dengan sederhana namun penuh nuansa kekeluargaan dan keakraban. Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini juga senang karena selain bisa berjalan menikmati suasana alam sekitar dan bendungan namun juga bias melihat proses penyebaran benih ikan secara langsung.

Diawali sambutan ketua KKN Tematik yang diungkapkan oleh Ketua KKN Tematik Zohratul: “Kami menyebarkan benih ikan ini sebagai bagian dari rangkaian terakhir program kerja kelompok kami dan semoga membawa manfaat bagi masyarakat desa jelantik” dan pernyataan ini pun diiakan oleh Kepala Desa Jelantik, Bapak Mahsun yang menyambut baik kegiatan positif mahasiswa yang benar-benar dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat sekitar.

Sumber Ampenannews.com

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *