Pilkades Aman Bersama Bhabinkamtibmas

Keterangan Foto : Bhabinkamtibmas tengah melakukan apel arahan situasi kamtibmas kepada staf desa dan personil Patroli Reimas.

TALIWANG—Sumbawa Barat mulai menggelar tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada, 6 November 2016 nanti. Sedikitnya terdapat 16 desa melaksanakan Pilkades diwilayah kabupaten ini.

IMG-20160905-WA0014
Bhabinkamtibmas Desa Seteluk Atas menyambangi Siti Leha, warga Lansia pemilik rumah yang nyaris ambruk.

Saat ini kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas)  terpantau berjalan normal normal saja.  Kendati demikian, kepolisian Sumbawa Barat telah menyiapkan personil pengamanan  untuk ditempatkan di setiap desa. Patrolipun terus ditingkatkan guna menjaga dan memonitoring kondisi wilayah masing masing.

Tim penitia Pilkades pun sudah dipilih secara serentak. Saat ini, tim tadi mulai bekerja menunaikan tahapan pemutahiran data pemilih selama sembilan hari kedepan sejak, Senin (5/9).

Bagaimana desa dan aparat keamanan mempersiapkan  jalannya tahapan Pilkades?.  Bhayangkara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas)  diketahui petugas kepolisian yang paling sibuk saat ini.

IMG-20160905-WA0012
Bhabinkamtibmas melakukan himbauan kepada pemilik tempat hiburan Billiard agar membatasi aktifitas kegiatannya guna mencegah gangguan Kamtibmas.

Selain memantau kondisi keamanan di desa secara langsung, Bhabin memiliki fungsi utama memaksimalkan, menjaga ketertiban, keamanan dan kelancaran dalam penyelenggaraan Pilkades. Tujuannya, agar menghasilkan penyelenggaraan Pilkades yang sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat seperti prinsip demokrasi, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luberjurdil).

‘’Kita harapkan semua elemen masyarakat dapat berpartisipasi menjaga situasi yang kondusif dan kita inisiasikan agar  adanya deklarasi damai untuk para calon Kades. Panitia sembilan juga kita sarankan untuk bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, agar tidak ada celah terjadinya protes,’’kata, Babinkamtibmas, Desa Seteluk Atas, Bripka Nurlana, dikonfirmasi, Senin (5/9).

IMG-20160905-WA0017
Bhabinkamtibmas memonitor kegiatan panitia Pilkades dalam pemutahiran data pemilih jelang Pilkades serentak.

Bhabin Seteluk Atas ini dilaporkan melaksanakan kegiatan cipta kondisi berupa apel arahan seluruh staf desa didukung unit patroli Sabhara Reimas. Tujuannya untuk memberikan gambaran situasi kamtibmas di wilayah Seteluk Atas menjelang Pilkades.

Usai itu, Bhabin juga bersama pemerintah desa dan dibantu petugas patroli mengkoordinasikan untuk meninjau sekaligus memberikan himbauan kepada sejumlah warga pemilik tempat Billyar atau hiburan. Kegiatan ini dilakukan agar, warga ikut menjaga keamanan dan ketertiban serta tidak melakukan aktifitas yang berdampak terhadap gangguan kamtibmas.

Dikesempatan itu, Bhabin tidak lupa melaksanakan kegiatan sosial menyambangi seorang rumah warga Lanjut Usia (Lansia). Siti Leha, warga RT02 RW 04 Dusun Banteng ini, kondisinya sangat memperihatinkan. Kondisi rumah Lansia yang hidup sebatang kara ini nyaris saja rubuh. Tiang dan atap rumah patah dan keropos.

‘’Kami meninjau dan mendata kondisi Siti Leha. Untuk selanjutnya kita coba mencarikan solusi,’’demikian, Nurlana. (ZM.ndy-01)

 

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *