Pokdarwis Alam Asri Jelenga Masuk Nomine ISTA 2019

Caption foto//Salah satu pe selancar tengah menjajal ombak ‘Super Shark’ julukan bagi ombak wisata Jelenga, Sumbawa Barat. (Dok, CNN/29/3/2019)

SUMBAWA  BARAT-Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Jelenga telah ditetapkan sebagai salah satu dari 37 nomine ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Award ) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Pengumuman resmi nama-nama nomine telah dikeluarkan oleh kementerian pada 27 Juni 2019 lalu.

Ketua Pokdarwis Alam Asri, Jibrata Utama Arsyah berharap kelompoknya dapat menjadi salah satu pemenang dalam ajang ini sehingga dapat terus termotivasi membangun pariwisata di Kawasan Pantai Jelenga, Sumbawa Barat.

Ia berharap, dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dan masyarakat Jelenga menjadi motifasi untuk membangun pariwisata berkelanjutan di Sumbawa Barat.

“Kita ingin ajang ini menjadi pintu pertama untuk mempromosikan wisata Jelenga ke tingkat nasional dan terinterkoneksikan dengan pembangunan industri pariwisata sesuai dengan visi NTB gemilang yang di gagas bapak Gubernur kita,” kata, Jibrata, kepada pers hari ini.

Sebagaimana dilansir laman online Kementerian Pariwisata bahwa ISTA merupakan penghargaan dari kementerian  untuk destinasi yang telah menerapkan sistem pariwisata berkelanjutan.

Ajang ISTA diselenggarakan  untuk ketiga kalinya pada tahun ini dan terbuka untuk seluruh pengelola destinasi Pariwisata baik pengelola kawasan, agen travel, penyedia jasa, yayasan, maupun masyarakat lokal.

Kementerian Pariwisata menyatakan bahwa ISTA dilaksanakan bukan sebagai kompetisi untuk membandingkan antar destinasi atau daya tarik wisatawan atau bisnis pariwisata, akan tetapi untuk memotivasi destinasi lainnya agar dapat meningkatkan pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Nominasi ISTA 2019

Selain itu, ajang ISTA ini juga dibuat untuk membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat serta para pelaku pariwisata mengenai kegiatan pembangunan Pariwisata berkelanjutan serta memberikan apresiasi kepada destinasi-destinasi yang telah menerapkan prinsip Pariwisata berkelanjutan.

Wisata Jelenga di kenal sebagai wisata Selancar kelas dunia. Destinasi ini menjadi salah satu yang dilirik penyelenggara liga Surving, atau Word Surving Championship (WSC) untuk menyelenggarakan event tahunan. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *