Polda NTB Buru Penyebar Hoax dan Provokator di Medsos

Mataram—Terduga pelaku penyebar hoax di facebook atas nama akun “Kacil Oi” diamankan oleh Polda NTB. SB alias EP (19) diamankan di kediamannya, Lombok tengah pada Jumat (20/3).

Dalam postingan di akun fb-nya EP menyebut, tiga orang di Lombok Tengah telah meninggal akibat corona. Informasi ini didapat dari Lombok Tengah. Tanpa klarifikasi kebenaran sumber, EP mengunggah informasi tersebut di akun fb pribadinya .

Setelah melacak alamat terduga, personil subdit V siber dipimpin langsung oleh Plh. Kasubdit 5 siber Ditreskrimsus Polda NTB, mendatangi kediaman EP di Dusun Luah, Desa Bebuah, Kec. Kopang Kab. Lombok Tengah. Terduga diperikasa oleh petugas. Bersama itu Polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu telepon genggam yang terpasang aplikasi facebook dengan akun pribadi EP, serta sebuah sim card miliknya.

Untuk mempertanggung jawabkan prilakunya, EP diminta membuat permohonan maaf berupa video dan tertulis. Pelaku juga harus memviralkan videonya pada akun media sosial miliknya. Karena perbuatannya ini, EP juga akan dijerat pasal 28 ayat (1) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ancaman maksimal 6 tahun dan denda maksimal Rp1 miliar. (ZM.win)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *