Politisi PAN : Kita Rasional Sikapi People Power

Caption foto//Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbawa Barat, Muhammad Hatta.

SUMBAWA BARAT— Sejumlah politisi dan organisasi sayap kemahasiswaan mengatakan, sikap warga Sumbawa Barat masih berfikir rasional menyikapi aksi pengerahan massa terkait penolakan terhadap hasil pemilu 2019,  yang dianggap penuh kecurangan.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Muhammad Hatta yang juga anggota DPRD terpilih menegaskan bahwa sebagai politisi, kita harus berbesar hati dan siap menerima apapun keputusan pemilu yang di putuskan KPU.

Sebagai lembaga yang diamanatkan sebagai penyelenggara pemilu KPU tentu melaksanakan tahapan pemilu sesuai mekanisme yang ditentukan oleh undang undang. Jikapun ada kecurangan yang terjadi, maka ia berharap semua pihak bisa menempuh jalur yang konstitusional.

“Ini sebagai bentuk pembelajaran kedewasaan dan tata etika politik kita sebagai bagian dari warga negara,” demikian, Hatta.

Sejauh ini, kata Hatta, tidak ada kader dari Sumbawa Barat dan simpatisan  yang mengikuti kegiatan aksi di Jakarta sebab, menurut Hatta pelaksanaan pemilu  di Sumbawa Barat telah berjalan kondusif. Apalagi, kata dia, pasangan Prabowo Sandy  meraup suara terbesar di KSB dan NTB.

Sementara itu, ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhamdyah (IMM) Cabang Sumbawa Barat, Hardoni Odon, mengatakan mahasiswa IMM intinya menunggu dan ikut memantau hasil pemilu secara konstitusional. Dan menyerahkan kewenangan perhitungan hasil pemilu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat.

IMM sendiri memposisikan diri taat kepada aturan main dan juga menolak kecurangan melalui cara konstitusional. Menurut, Hardoni, kecurangan apapun tetap tidak akan di benarkan, hanya saja, protes dan pengusutan kecurangan tetap melalui mekanisme aturan melalui lembaga resmi negara.

“Unjuk rasa boleh saja. Itu konstitusional. Yang tidak boleh, yakni penggunaan kekuatan yang memaksakan kehendak diluar di atur konstitusi negara kita, apalagi memicu perpecahan antar sesama komponen bangsa,” tandasnya.

Terakhir, Hardoni menegaskan kita harus menjaga dan merawat NKRI yang dibentuk oleh perjuangan pendiri bangsa agar tetap kuat, bersatu dalam bhineka tunggal Ika. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *