Prediksi Arus Balik Membludak, H-1 Tano Sepi Pemudik

Foto : Tampak suasana gerbang Pelabuhan Poto Tano

POTO TANO—Pelabuhan Penyeberangan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Poto Tano mulai sepi pemudik memasuki H-1 Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah. Otoritas pelabuhan setempat mengatakan, puncak kepadatan lalulintas penyeberangan justru terjadi pada H-3 Lebaran.

IMG-20160705-WA0005
Suasana pelabuhan, parkir dan loket tiket Pelabuhan Poto Tano, 5 Juli 2015, pukul 10.12 Wita

Pantauan wartawan di pelabuhan tersebut, Selasa (5/7) tidak terlihat ramainya arus mudik. Hanya ada beberapa kendaraan roda dua dan bus yang terlihat menyeberang. Petugas kepolisian yang bertugas dipelabuhan mengatakan, di prediksi H plus 3 lebaran akan terjadi puncak arus balik.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan mengatakan kepolisian dan otoritas penyeberangan telah menyepakiti prosedur penanganan arus mudik harus satu standar. Kendaraan barang tidak diprioritaskan terlebih dahulu. Kendaraan penumpang, utamanya pemudik lebih diprioritaskan untuk diseberangkan.

β€˜β€™Ini sudah menjadi kesepakatan kita dengan pihak ASDP,’’ kata Andy kepada Pers, di sela sela peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke 70, di Mapolres setempat pekan lalu.

Polisi kata Andy telah menyiapkan pos pelayanan pemudik di Poto Tano. Pos itu diisi petugas gabungan dari Dinas perhubungan, tenaga medis, satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Rescew. Petugas kepolisian dan TNI juga ikut diterjunkan guna mengamanan jalannya aktifitas pelabuhan guna melayani arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

IMG-20160705-WA0008
Pos pelayanan Lebaran Polres Sumbawa Barat dan tim gabungan, TNI, Dishubkominfo Sumbawa Barat, TNI dan satuan lainnya

Kepala ASDP Poto Tano, Alvius D Bago, mengatakan, otoritas pelabuhan telah mengoperasikan sedikitnyA 17 kapal Ferry guna menampung kepadatan arus mudik dan balik lebaran. Kapal tersebut dibagi jadwal operasi selama 24 jam nonstop secara bergiliran.

Alvius mengatakan, pemudik lebih dominan terpantau dengan kendaraan roda dua sepeda motor. Baru disusul kendaraan pribadi dan bus. Setidaknya dipuncak arus mudik H-3 kemarin, tercatat ada lebih 7000 kendaraan melintasi pelabuhan tersebut. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *