Proyek Pasimas III PU Target Perbaikan Sanitasi

FOTO//Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin mencoba langsung fasilitas keran air proyek Pasimas III DPU setempat yang baru saja diresmikan.

SUMBAWA BARAT–Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bidang Cipta Karya tahun 2017 telah sukses melaksanakan  program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III,  melalui anggaran  APBN dan APBD berkolaborasi dengan anggaran Desa.

DPU mencatat, 14 desa sasaran Pamsimas tahun 2017 sudah selesai dikerjakan dan kini masuk dalam tahap pemanfaatan. Sedangkan pemeliharaan dan pengelolaan sarana ini,  akan diserahkan kepada pemerintah desa masing masing.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemukiman dan  Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sumbawa Barat Amar Nurmansyah ST, mengatakan, sasaran jumlah desa yang diintervensi oleh Pansimas setiap tahun selama 3 tahun sejak tahun 2017-2019 yakni rata-rata sebanyak 14 sampai 15 desa.2018 ini 14  desa lagi dan selama dua tahun kedepan, di Kabupaten Sumbawa Barat total desa yang telah diintervensi melalui program Pansimas III ada 45 desa.

Beberapa item pekerjaan dituntaskan untuk 14 desa tahun lalu antaralain, sarana  air minum dan sanitasi berupa pemasangan jaringan perpipaan, SR, reservoir, jamban sekolah, sarana CTPS, keran umum, penangkap mata air, pompa centrifugal, sumber Energi PLN,  dengan target pemanfaatan 3.740 Kepala Keluarga atau 13,651 jiwa. Sementara program insfrastruktur ini memakan setidaknya Rp 3,430 Milyar dari APBN, ditambah shering shering dana APB-Des 30 persen Rp 539 juta ditambah  dana swadaya masyarakat.

“Tujuan program Pansimas yang telah dilaksanakan tahun pertama adalah dapat meningkatkan akses pelayanan air minum yang aman dan sanitasi layak secara berkelanjutan, dapat meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat, dapat menghilangkan Buang Air Besar Sembarangan ( BABS), serta  dapat menurunkan angka penyakit diare,“ ujarnya. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *