PUPR Bangun 38 JUT 2018

Caption Foto//Ilustrasi Jalan Usaha Tani

SUMBAWA BARAT– Jalan tani merupakan kebutuhan petani untuk mengangkut hasil panen mereka dari sawah. Bagi petani yang areal sawahnya belum memiliki jalan, yang lazim disebut jalan usaha tani (JUT), kesulitan itu sangat dirasakan.

Sebanyak delapan paket jalan usaha tani yang dikerjakan di Kecamaan Brang Ene oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Pemukiman (DPUPRPP), melalui bidang Bina Marga, ternyata dirasakan manfaatnya.

“Sebelumada jalan usaha tani, ia sering dibuat pusing pada saat akan mengangkut hasil panen dari sawah. Apalagi pada musim hujan, tingkat kepusingannya semakin tinggi. Tetapi dengan adanya jalan usaha tani, ia tidak perlu pusing-pusing lagi, karena hasil panen bisa diangkut menggunakan kendaraan bermotor atau pic up,” ujar, Hartoni, 28 tahun, salah seorang petani Desa Mujahidin, Kecamatan Brang Ene, ditemui, Jum,at (22/11).

Menurutnya, dengan adanya jalan usaha tani, biaya angkut hasil panen padi, atau jagung, semakin mudah dan murah.

“Dapat dibayangkan dulu mas, sebelum adanya jalan usaha tani yang dibuat melalui program pemerintah, kita kesulitan mengangkut hasil panen dari tengah sawa yang jaraknya jauh dari jalan raya, selain makan waktu, kondisi seperti itu juga butuh biaya tinggi, namun dengan adanya jalan tani seperti ini, makan kesulitan para petanipun berkurang,” ujar Hartoni.

Ditemui media ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (KADIS PU) Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST mengaku pihaknya selalu berupaya setiap tahun membangun jalan usaha tani. Karena disadari, keberadaan jalan tersebut sangat dibutuhkan petani.

“Tahun ini kita membangun sebanyak 38 unit jalan usaha tani, menggunakan pengadaan APBD dan APBDP yang tersebar pada beberapa kecamatan di Sumbawa Barat, dan penegerjaanya hampir seratus persen terlaksana,” jelasnya.

Jalan usah tani yang dibangun, diharapkan bisa membantu memecahkan persoalan jalan yang dihadapi petani selama ini. Ia juga berharap agar jalan yang sudah dibangun, dirawat dengan baik, sehingga manfaatnya bisa dirasakan petani selamanya. (ZM.ndy-01ADV)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *