RSUD Asy-Syiffa Datangkan Dokter Spesialis Jiwa

SUMBAWA BARAT–Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa Sumbawa Barat sejak, 1 Oktober 2018 mendatang membuka pelayanan untuk pasien yang mengidap gangguan kejiwaan.

Saat ini management rumah sakit telah mendatangkan satu dokter spesialis jiwa. Kondisi ini diperlukan, menyusul  mulai tingginya kebutuhan pasien dengan gangguan jiwa yang ada di Sumbawa Barat dan sekitarnya.

Demikian disampaikan Direktur RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat, dr. Charlof kepada wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

Selama ini, kata Carlof, pelayanan untuk pengidap gangguan kejiwaan tidak ditangani di RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat. Melainkan langsung ditangani di Sakit Jiwa (RSJ) di Mataram. Untuk itu, RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat tahun ini akan memulai membuka pelayanan rawat jalan pasien gangguan kejiwaan.

“Tahun ini kita targetkan pasien gangguan jiwa rawat jalannya sudah bisa di layani di RSUD Asy Syifa. Kemudian di tahun depan pelayanannya kita targetkan sampai rawat inapnya,”ujar, dr. Charlof

Untuk itu, tahun ini targetnya tidak muluk muluk, mengingat fasilitas yang dimiliki RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat belum memadai untuk melayani pasien gangguan jiwa.

“Kalau rawat inap untuk pasien gangguan kejiawaan tidak seperti rawat inap untuk pasien biasa. Kita harus siapkan khusus, kemudian harus disiapkan ruangan terali besinya segala, terutama untuk pasien gangguan jiwa yang di rehabilitasi. Dari sisi keamanan juga kita perketat, kondisi ruangannya juga harus khusus. Jangan sampai pasien ganguan jiwa benturkan kepalanya hingga traplek sekat ruangan hancur,”terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, tugas dokter spesialis kejiwaan tidak hanya menangani pasien gangguan jiwa. Namum bisa juga menangani pasien penyalahgunaan narkoba, termasuk untuk pemeriksaan kesehatan rohani. (ZM.ndy-01)

 

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *