Sambut HUT Bayangkara, Polisi Bantu Korban Pasung

 ‘’Pak Abdurahman ini warga saya. Beliau ini masih bisa disembuhkan. Saya prihatin jika beliau harus di pasung. Kita perlu memikirkan langkah untuk menyebuhkan beliau agar kembali kepada masyarakat seperti sediakala,’’

Kapolsek Seteluk, AKP.  I Kadek Supartha, A.Md


TALIWANG—Banyak kegiatan yang bermanfaat yang bisa dilakukan jika kita mau membantu sesama. Di moment bulan suci Ramadhan ini berbagi adalah salah satu jalan untuk memperkuat uhkuwah Islamiah serta meningkatkan keimanan kepada Allah, SWT.

Memanfaatkan moment bulan Ramadhan, Kepolisian Sektor (Polsek) Seteluk, memanfaatkan kegiatan silaturohmi untuk bertemu dengan warga. Kali ini, kepolisian setempat mendatangi salah seorang warga pra sejahtera penyandang masalah sosial.  Abdurhaman, 33 tahun warga Desa Seteluk Atas Kecamatan Seteluk diklaim menderita penyakit jiwa. Bahkan atas saran masyarakat dan keluarga, Abdurahman bahkan kini terpaksa di pasung.

Kapolsek Seteluk, AKP Kadek Supartha didampingi Kepala Desa (Kades) Seteluk Atas, M. Said datang bertemu menjenguk Abdurahman. Kedatangan Kapolsek untuk bersilaturohmi dan berbagi berkah dengan warga. Kegiatan ini juga bagian dari menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 70, tepatnya 1 juli 2016.

‘’Pak Abdurahman ini warga saya. Beliau ini masih bisa disembuhkan. Saya prihatin jika beliau harus di pasung. Kita perlu memikirkan langkah untuk menyebuhkan beliau agar kembali kepada masyarakat seperti sediakala,’’kata Kadek, kepada wartawan, kemarin.

Kadek juga berbicara dengan Jueriah, 60 tahun, ibu Abdurhaman. Ia meminta keluarga bersabar dan yakin untuk mau mengobati penyakit Abdurahman. Tidak lupa, ia memberikan bantuan berupa satu paket bingkisan kepada keluarga Abdurahman.

Usai menjenguk Abdurahman, Kapolsek mendatangi Maryani, 40 tahun, salah seorang warga Seteluk Atas yang menderita cacat sejak lahir atau lumpuh layu. Kondisi Maryani sangat memprihatikan.  Anak pertama dari dua bersaudara ini, kini hidup sebagai Yatim. Kondisi kesehatan dan fisiknya yang buruk membuat keluarga harus merawat Maryani dengan cukup keras. Disini Kapolsek secara simbolis juga memberikan bantuan satu paket bingkisan untuk membantu keluarga Maryani.

IMG_5627
Kapolsek AKP Kadek Supartha didampingi Kades Seteluk Atas, M. Said memberikan bantuan bingkisan kepada ibu kandung Maryani

‘’Kakak saya ini sudah menderita cacat sejak lahir. Kondisinya terus memburuk. Tapi, saya ucapkan terimakasih kepada bapak Kapolsek mau melihat keluarga kami,’’ujar, Kamaruddin alias Ranes, adik kandung Maryani, kemarin.

Terakhir,Kapolsek juga mendatangi kediaman, As, 30 tahun, salah satu terpidana terorisme asal Desa Seteluk Atas. Ayah dari tiga anak ini, kini masih mendekam  ditahan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Mataram setelah ditangkap tim Detasemen 88 Mabes Polri karena diduga terlibat dalam jaringan terorisme. Iapun difonis pengadilan menjalani hukuman 3,5 tahun penjara.

IMG_5639
Kapolsek, AKP Kadek Supartha, memberikan bantuan paket bingkisian kepada, Ibrahim Jaho, 60 tahun, orang tua AS

Kadek diterima, ayah As, Ibrahim Jaho, 60 tahun. Ia menyampaikan salam hangat dari Kapolres Sumbawa Barat AKBP Andy Hermawan. Ia berharap keluarga bisa bersabar dan menerima ujian ini dengan lapang dada. Kadek menanykan sejumlah kabar tentang kondisi AS.

‘’Alahmdulillah As (nama inisial, red) baik baik saja. Dia sudah di Mataram. Saya tetap dikabarkan oleh kepolisian tentang kondisi AS bahkan sering dijenguk. Terimakasih pak,’’katanya, haru.

Kepala Desa Seteluk Atas, M. Said mengatakan rasa terimakasih kepada kepolisian sektor setempat atas perhatian terhadap warganya. Ia berharap Polisi bisa terus mendampingi masyarakat memberikan penyadaran hukum dan mengayomi.

‘’Terimakasih atas perhatian pak kapolsek dan jajaran. Saya atas nama masyarakat menyampaikan rasa hormat,’’demikian,  Kades. (ZM.ndy-01)

 

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *