Wajib Tonton! Film Pendek Modal Video Call yang Bakal Bikin Haru

MERINDU: Local Collaboration di Tengah Pandemi Covid-19

MATARAM—Sebuah film pendek dengan setting suasana hari raya di tengah Pendemik Covid-19 diproduksi oleh sineas dan pekerja kreatif di Nusa Tenggara Barat. Film yang berjudul “Merindu” ini menceritakan kisah sebuah keluarga yang harus merayakan Hari Raya Idul Fitri secara terpisah, antara Yogyakarta, tempat si anak sedang berkuliah, dan Mataram dimana kedua orang tua dan adiknya tinggal.

Sutradara muda Muhammad Heri Fadli, akrab disapa Heri menjelaskan, bahwa film pendek ini merupakan hasil kolaborasi beberapa sineas dan pekerja kreatif di NTB.

“Film ini kami produksi untuk memberi semangat kepada masyarakat dan pemerintah NTB yang saat ini tengah berjuang keras mengatasi wabah Corona,” ungkap Heri.

Film yang naskahnya dikerjakan oleh Heri Fadli dan Ummu Unnais ini dibintangi oleh aktris pendatang baru asal Masbagik Lombok Timur, Rima Meilina. Selain itu, aktor dan aktris kawakan NTB, pasangan Ocong Diesel dan Ayu Setiyawaty yang berperan sebagai bapak dan ibu.

Penyanyi kelahiran Bima, Abhy Summer turut menyumbangkan sebuah lagunya yang berjudul “Family”, untuk menjadi soundtrack pada film Merindu ini. Abhy, yang saat ini tergabung dalam label Belibis6 Records mengaku sangat senang dengan adanya kolaborasi lokal ini.

 “Selain untuk menghibur masyarakat, karya ini juga penting sebagai statement bahwa seniman NTB juga bisa berkarya, di tengah keterbatasan akibat wabah Corona ini,” ujarnya bersemangat.

Selain merupakan kolaborasi lokal, hal lain yang tak kalah menarik dari film ini adalah angle yang menggunakan perspektif video call, sehingga kesan berjauhan sangat terasa dari awal sampai akhir film. Sudut pandang yang tak lazim ini saat sekarang sangat umum kita alami, sejak pembatasan sosial diberlakukan oleh pemerintah.

“film pendek ini kami persembahkan untuk masyarakat NTB yang saat ini sedang berjibaku melawan Virus Corona. Kita pasti bisa melalui badai ini”, pungkas Muhammad Heri Fadli yang sekaligus juga menjadi sutradara pada film Merindu. (ZM.Win)

Penasaran bagaimana cerita film ini, silakan tonton di Youtube dengan link:

https://www.youtube.com/watch?v=5LdgSgQT_Ms&t=612s

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *