Warga Terluar KSB Butuh Polisi

Warga transmigrasi umumnya sangat merindukan sekali kehadiran pos Polisi di tengah tengah mereka. Mereka butuh Polisi untuk memberikan rasa aman agar terlindungi dan mendapat pengayoman hukum dalam kehidupan sosial masyarakat sehari hari.

Marjan, Tokoh Masyarakat Talonang Baru


TALIWANG—Ratusan warga Desa Talonang Baru Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat berkumpul di sebuah dusun, Rabu (8/6) menjelang sore. Mereka sengaja berkumpul guna bertemu dengan rombongan yang dimpin Kapolres Sumbawa Barat, AKB Andy Hermawan, S.Ik.

Andy Hermawan sengaja datang berkunjung ke Desa terluar di Sumbawa Barat itu. Daerah yang letak geografisnya berbatasan langsung dengan Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa Besar itu memiliki penduduk lebih dari 3000 jiwa.  Daerah ini juga tepat berada di kawasan hutan konservasi Tatar Sepang. Kapolres datang dalam rangka kegiatan lanjutan Safari Ramdhannya.

‘’ Warga kami butuh Pos Polisi (Pos Pol) disini pak. Karena warga kami sebagain besar warga transmigrasi,’’kata, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa Barat, Abdul Hamid mewakili warga binaan.

Marjan, tokoh masyarakat setempat mengatakan, warga transmigrasi umumnya sangat merindukan sekali kehadiran pos polisi di tengah tengah mereka. Mereka butuh polisi untuk memberikan rasa aman agar terlindungi dan mendapat pengayoman hukum dalam kehidupan sosial masyarakat sehari hari.

Ia tidak menampik kondisi kawasan Talonang yang jauh dari pusat kota, ikut menyulitkan anggota kepolisian untuk terjun. Meski sebagian besar akses transportasi kondisinya semakin baik, namun tetap saja, kondisi yang jauh dan medan yang masih sulit menjadi terkendala tersendiri warga, untuk datang ke Polsek terdekat.

Jarak  Desa Talonang menuju ibu kota Kecamatan hampir 40 kilo meter. Ini bisa ditempuh lebih lama karena sebagian ruas jalan masih berbatu karena belum semua dapat diaspal. Medan akses utama jalan  ini  masih terjal dan menembus kawasan hutan lindung.

Pertemuan dengan warga sore itu berlangsung hangat dan kekeluargaan. Kapolres memperkenalkan diri sebagai pejabat kepala kepolisian yang baru. Ia juga membawa serta seluruh pejabat dan perwira kepolisian resot Sumbawa Barat. Maulai Kabag Sumda, Kasat Reskrim, Kasat intelkam, Kasat Lantas, Kasat Sabara serta sejumlah perwira lainnya.

‘’Saya sangat berharap sekali agar bapak bapak memberikan keritikan dan masukan ke kami. Bisa melalui Babinkamtibmas atau bapakkepala desa dan tokoh disini,’’ujar,  Andy Hermawan, bertatap muka.

Saat ini,kata Andy Polisi terus bersinergi, dan menjadi bagian dari masyarakat bersama TNI. Polisi dan TNI sama sama alat negara yang diberi tugas melindungi rakyat serta memberikan rasa aman. Andy memberikan perhatian serius terhadap penempatan personel Polri di daerah terluar Sumbawa Barat. Ia merasakan  betapapentingnya keberadaan polisi dikawasan seperti ini.

‘’Saya sangat memperhatikan saran dan masukan bapak ibu ini. Insya allah saya akan segera laporkan permasalahan ini ke kapolda NTB dalam waktu dekat,’’demikian, Kapolres.

Sementara itu, selain berdialog dengan warga kunjungan Kapolres ini dirangkaikan dengan acara berbuka bersama serta shalat taraweh bersama. (KZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *