PPP Jamin Hak Rakyat Dengan Pakta Interigritas

Caption//Ketua DPC PPP, Amiruddin Embeng di dampingi jajaran pengurus saat memberikan keterangan pers, Rabu (18/7).

 

“Kita harap seluruh kader dan rakyat yang berjuang bersama PPP bisa merasakan ikatan moral yang kuat. Jaminan terhadap hak hak dan pelayanan partai terhadap mereka. Selama ini, usai tidak terpilih bacaleg dan simpatisan tekesan diabaikan, anggota DPRD mengendalikan Pokirnya sendiri. Ini tidak berlaku di DPC PPP Sumbawa Barat. Pakta integritas ini menjamin hak hak mereka tetap ada,”

Ketua DPC PPP Sumbawa Barat, Amiruddin Embeng.

 

SUMBAWA BARAT—Ada yang berbeda dari ramainya agenda pendaftaran Partai Politik (Parpol) di Sumbawa Barat, Selasa (18/7). Pengerahan massa secara besar besaran dan menonjol menjadi pemandangan biasa dalam setiap pendaftaran partai politik ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berbeda yang dilakukan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Partai berlambang Ka’bah itu melangsungkan agenda pendaftaran partainya dengan mengumpulkan para Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di ‘Balai Rakyat’. Balai ini berupa sasana dimana simpatisan dan kader biasa berkumpul.

Disana, sedikitnya 25 Bacaleg dari partai pimpinan Amiruddin Embeng ini menerima pembekalan. Mereka mendengarkan arahan dari pimpinan partai serta membacakan ikrar naskah pakta integritas.

“Pakta interitas ini merupakan komitmen moral kader dan Bacaleg PPP. Pakta interigtas ini kita jamin dengan ikatan hukum dari lembaga diakui, seperti Notaris. Mereka tunduk dan patuh terhadap pakta intergitas yang berkekuatan hukum,” kata, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Sumbawa Barat, Amiruddin Embeng, bericara kepada kader dan simpatisan, hari itu.

Kenapa harus ada pakta integritas?. Menurut Anggota DPRD dua periode ini, PPP meyakini untuk mewujudkan anggota parlemen yang bermoral dan berkualitas, ia perlu memgambil langkah sistemik. Salah satunya dengan menerapkan kebijakan organisasi yang menguntungkan semua pihak. Tidak hanya Caleg terpilih, tapi juga rakyat pemilih dan juga partai.

“Pakta interitas itu mengatur proses Pergantian Antar Waktu (PAW), mengatur management penggunaan Pokok pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD, iuran wajib kepada partai serta komitmen untuk tidak  melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum,” terangnya.

Pose bersama, ketua DPC PPP Sumbawa Barat dan jajaran pengurus dengan seluruh Bacaleg usai penandatanganan pakta integritas sebagai komitmen hukum dan moral atas mandat rakyat nantinya.

Pakta integritas ini ditandatangani seluruh bacaleg DPC PPP Sumbawa Barat langsung dihadapan Notaris Fauziah Ahmad, SH. M.Hum. Yang menarik, dalam pakta integritas itu ada klausul yang mengatur bahwa alokasi anggaran Pokir anggota DPRD sepenuhnya diatur oleh partai dan digunakan untuk sepenuhnya kepentingan konstuten dan kader. Langkah ini ditempuh, agar seluruh kader, simpatisan, dan pengurus partai bisa merasakan langsung kebijakan anggaran yang benar benar menjadi hak mereka.

“Kita harap seluruh kader dan rakyat yang berjuang bersama PPP bisa merasakan ikatan moral yang kuat. Jaminan terhadap hak hak dan pelayanan partai terhadap mereka. Selama ini, usai tidak terpilih bacaleg dan simpatisan tekesan diabaikan, anggota DPRD mengendalikan Pokirnya sendiri. Ini tidak berlaku di DPC PPP Sumbawa Barat. Pakta integritas ini menjamin hak hak mereka tetap ada,” terangnya.

Wujud tata kelola pengorganisasian Partai Politik yang baik, DPC PPP Sumbawa Barat menerangkan bagan atau alur pendaftaran Caleg.

Amiruddin Embeng menegaskan bahwa DPC PPP adalah satu satunya organisasi partai di seluruh indonesia yang menandatangani fakta integritas didepan notaris, sebagai bukti jaminan untuk kader dan konstituen dan perlindungan hukum bagi anggota DPRD terpilih.

Sebelumnya, dipimpin Ketua DPC dan pengurus partai, 25 Bacaleg menandatangani pakta integritas dihadapan nortaris. seluruh Bacaleg ini beserta pendukung masing masing secara bersama sama berangkat menuju kantor notaris. Suasana keakraban dan kekeluargaan terlihat di sela sela agenda itu. Usai agenda tadi, barulah tepat pukul 15.00 Wita pengurus dan seluruh Bacaleg berangkat mendaftarkan komposisi Bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. (ZM.ndy-01)

 

 

 

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *