Program Magang Ke Jepang Disnaker KSB di Buka

SUMBAWA BARAT– Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa Barat resmi mengumumkan telah membuka program magang, khususnya bagi angkatan kerja muda untuk di berangkatkan menuju negara Sakura, Jepang.

Program penempatan atau magang kerja ini di inisiasi oleh Seksi Pelatihan Produktifitas dan Penempatan Kerja (Lattas Penta) Disnakertrans setempat. Program ini juga diupayakan pemerintah setempat melalui kerjasama dengan Kementerian tenaga kerja RI dan Disnakertrans NTB.

“Penempatan magang angkatan kerja ini dilaksanakan selama tiga tahun di Jepang. Peserta akan mengikuti seleksi sesuai ketentuan Petunjuk Pelaksana dan Petunjuk Tehnis (Juklak Juknis) dari pusat. Proses pendaftaran akan dilaksanakan di kantor Disnakertrans setempat,” kata Abdurahman, Kepala Seksi LattasPenta, di Taliwang, Kamis (19/7).

Abdurahman menegaskan, program ini diselenggarakan pihaknya dalam rangka peningkatan kualitas ketenaga kerjaan, khususnya bagi para pencari kerja agar dapat segera memenuhi kebutuhan pasar kerja. Ini juga kata dia, untuk kebutuhan pengembangan masyarakat, agar mampu meningkatkan taraf hidup dan mandiri. Ia menyebut, tahapan seleksi atau pra seleksi telah dimulai. Pendaftaran dilakukan gratis dan akan ditutup hingga 31 Juli 2018 mendatang.

Disnakertrans Sumbawa Barat meluncurkan Borsur skema serta alur seleksi dan penempatan peserta magang ke negara, Sakura Jepang.

Peserta akan menerima tunjangan sebesar 80.000 Yen di tahun pertama, 90.000 Yen hingga 100.000 Yen di tahun kedua dan ketiga. Ditambah dukungan asuransi kesehatan dan jaminan sosial ketenaga kerjaan lainnya.

“Pendaftaran bisa dilakukan melalui Disnakertrans. Pengumuman akan seleksi ini telah kami lakukan melalui spanduk, famplet dan surat pengumuman melalui Kecamatan dan Desa,” demikian, Abdurahman. (ZM.ndy-01)

Berikut syarat yang harus dipenuhi pelamar untuk mengikuti program magang ini :

Persyrtan
A. Laki Laki usia minimal 19 thn 6 bulan, max 26 tahun saat pendaftaran
B. Pendidikan SMA /MA/SMK
C. Fotocopy ijazah yang telah dilegalisir
D. Tinggi /berat badan : 160cm/50kg
E. Tidak cacat fisik , tidak buta warna, tidak memilik tato dan bekas tato, tidak bertindik dan bekas tindik.
F. Pas photo warna 3×4 5lbr dan pas photo 4×6 5lbr.
Fotocopy KTP, KK, akte kelahiran, Fotocopy ijasah SD s/d trakhir
G. Kartu kuning
H. SKCK.

Bagikan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *