Akhirnya Rekrutmen PLTU Ikuti Aturan Pemda

Caption foto//Konstruksi pembangkit Listrik di PLTU Tambora, Kertasari, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

SUMBAWA BARAT—Akhirnya, PT. Mirambi perusahaan yang ditunjuk PT. PLN Tarakan mitra Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tambora di Kertasari, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat mengikuti arahan pemerintah setempat.

Mirambi resmi mengumumkan sedikitnya lima puluh kebutuhan pekerja mereka melalui tim rekrutmen satu pintu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat. Rilies formasi dan pegumuman resmi rekrutmen perusahaan ini di luncurkan, Jum’at (26/4) langsung oleh tim rekrutmen satu pintu.

Kabid Hiwas Disnakertrans Sumbawa Barat, Tohiruddin.

Sebelumnya, PT. Mirambi melakukan pengumuman rekrutmen tanpa melaporkan kebutuhan tenaga kerjanya melalui tim rekrutmen satu pintu pemerintah setempat. Perusahaan itu bahkan telah menutup batas akhir rekrutmen pada, Senin (23/4) lalu.

Akibat rekrutmen tanpa pemberitahuan tadi, otoritas Dinas Ketenagakerjaan setempat langsung mengutus tim investigasi yang dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan  Pengawasan (Hiwas), Tohiruddin.

Tohir melakukan pertemuan dan meminta management PT.Mirambi mentaati aturan rekrutmen yang berlaku baik sesuai undang undang maupun Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur rekrutmen satu pintu serta optimalisasi daya serap tenaga kerja lokal.

“Kita wajib jalankan aturan yang berlaku. Apalagi ada Perda dan Perbup. Kami menjelaskan secara baik dan meminta perusahaan ikuti aturan. Syukurnya¬†mereka mengerti dan tunduk,”ujar, Kadisnakertrans melalui Kabid Hiwas, Tohiruddin, di konfirmasi, petang ini.

Pengumuman rekrutmen tenaga kerja PLTU Tambora ini secara resmi telah diluncurkan. Dengan rekrutmen satu pintu ini, menurut Tohir pemerintah daerah bisa melakukan pengawasan dan mendorong optimalnya daya serap tenaga kerja lokal sesuai dengan visi misi kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Kelistrikan Sektor Tambora

Foto udara kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumbawa Barat di Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, Kamis (1/6/2017). Untuk mendukung keandalan kelistrikan sektor Tambora (pulau Sumbawa) PLN melanjutkan pembangunan PLTU Sumbawa Barat kapasitas 2×27 MW yang ditargetkan beroperasi akhir tahun 2017 dan PLTU Bima 2×10 MW beroperasi tahun 2018 dengan jaringan transmisi sepanjang 583 kilometer sirkuit (kms) di wilayah pulau Sumbawa. (Foto/ANTARA/Ahmad Subaidi). (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *