PADes Nihil, Desa Wisata Tidak Berkembang

Caption foto//Panorama salah satu obyek wisata di Desa Sekongkang.

SUMBAWA BARAT—Menjadi salah satu  Desa  Wisata di Kabupaten Sumbawa Barat,  hingga kini belum menunjukkan perkembangan Desa  yang memuaskan. Tidak ada satupun produk unggulan desa yang bisa di tonjolkan.

Desa Sekongkah Bawah, desa yang mempunyai destinasi wisata yang indah dan mendunia. Terbukti turis turis mancanegara setiap hari berdatangan menikmat indahnya pantai Desa sekongkang. Untuk Surfing dan berlibur. Beberapa event tingkat duniapun sudah pernah di gelar.

Banyaknya Hotel hotel, Resto dan Rumah makan menandai bahwa Desa inilah memang patut di jadikan Desa wisata.

Tapi ironisnya Desa dengan wisatanya yang besar justru Pendapatan Asli Desa (PADes)  nya kosong.

“Saya baru menjadi kepala desa  disini. Dan ternyata Desa Sekongkang  Bawah ini  pendapatan Desa nya nihil. Ini yang sedang kita koreksi dan akan kita perbaiki,” Jelas Kades Sekongkang Bawah, Sudirman.

Untuk waktu dekat ini kita pemerintahan Desa masih mengerjakan pemetaan lahan di pinggir pantai karena banyak yang bermasalah, apalagi tanah tanah yang berada di sepadan pantai. Itu sedang kita tertipkan agar kedepannya tidak mengganggu perkembangan wisata. Tambahnya

Kepala Desa Sekongkang Bawah, Sudirman.

Mengharap kesuksesan sangat di haruskan, agar berkembang menjadi yang lebih baik. Tapi harus di imbangi dengan implememtasi dan  kerja keras yang  sungguh sungguh agar hasil yang di capai bisa terwujud, tidak hanya omong kosong  semata.

Yuniati (70), pelaku wisata sejaligus pemilik Hotel Rantung mengatakan heran, seharusnya  pemerintahan Desa Sekongkang Bawah mempunyai PADES yang besar, ada belasan Hotel disini belum lagi rumah makan dan Restonya. Banyak obyek wisata yang justru mendatangkan pendapan Desa, tapi kan belum ada pengelolaan yang serius.

Apa yang menjadi masalah dan kendala untuk menjadi Desa wisata yang maju, harusnya menjadi tanggung jawab juga pemerintah daerah ( PEMDA).

Pemerintahan  Desa harus berani dan kreatif, terutama Kepala Desa, ajak masyarakatnya untuk berkarya. Agar Desa ada pendapatan. Dan berkembang,   Apalagi Desa itu sudah di perdakan menjadi Desa wisata, tentunya Desa itu menjadi sorotan publik.

Malu dong jika tidak ada yang di tunjukkan kepada masyarakat tentang  perkembangan Desanya. Pemerintah Daerah tetap memberikan pembinaan dan dukungan. Jelas,

Sekertaris Dinas Pemerintahan Dan Desa. Muhamamad Fauzi Spd. Kepada wartawan.

Hal senada juga disampaikan oleh  Kabag Humas Pemda KSB Abdul Muis Syafi’i ,

Tahun ini Desa wisata akan mendapatkan bantuan dana dari Propensi.

Persolan berkembang dan tidaknya pemerintahan Desa itu tergantung aparatur Desa itu sendiri bersama masyarakannya. Tentunya  Harus bersinergi satu sama lain dalam mewujutkannya,  agar Pendapatan Desanya banyak dan bisa menjadi Desa yang maju.( ZM.fj).

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *