Inspirasi Expo Kominfotik NTB Goyang Udayana

Caption Foto// Atraksi Seni Tarian ‘Taruna Jaye’, dari Sanggar Seni Saraswati, Cakra ikut mewarnai event IE. Ajang ini ajang kreasi dan ajang pertunjukan seni bagi kaum Millenial.

MATARAM— Pegelaran Inspiratif Expo (IE) pada Minggu pagi di jalan Udayana Kota Mataram, berhasil menyedot ratusan pengunjung Car Free Day (CFD). CFD rutin diadakan pemerintah Kota Mataram setiap minggu pagi.

IE yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) dibuka dengan senam bersama.  Senam yang dipimpin oleh Dynamic Studio, membuat para pengunjung Udayana, mampir dan ikut berjingkrak mengikuti irama lagu.

Instrukturnya terdiri dari laki-laki dan perempuan, begitupun peserta senamnya yang diikuti oleh semua kalangan. Ada yang sengaja hadir untuk acara expo, dan tidak sedikit yang turit serta karena bertepatan hadir di CFD. Setelah senam usai, acara dilanjutkan denga Clean Up berhadiah.

Tema pekan ini ialah Bersih, Sehat, dan Sejahtera. Materi dan instansi yang dihadirkan tidak lepas dari 3 tema kunci tadi. Tidak heran mengapa clean up dijadikan salah satu acara utama dalam agenda rutin ini.

Clean Up atau bersih-bersih, dipusatkan di depan kantor Kominfotik Mataram tempat EI rutin, di jalan Udayana Nomor 14. Peserta diberikan plastik mudah terurai khusus sampah oleh panitia pelaksana. Bagi yang mengumpulkan sampah terbanyak terutama plastik, diberikan buah tangan oleh panitia. Tidak berhenti sampai disitu, acara dilanjutkan dengan sosialisasi dari  instansi dinas Kota Mataram, atau organisasi dan komunitas sekitar.

Kemeriahan Inspirasi Ekspo, hadirkan talenta lintas generasi, guna mengenal kesehatan dan lingkungan.

Acara yang dilakukan kerap kali diadakan setiap minggu pagi ini, aktif menghadirkan instansi, komunitas, atau organisasi untuk melakukan sosialisasi. Pada pekan ini 15/9 dihadirkan Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Mataram, Palang Merah Indonesia (PMI) Mataram, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Mataram, Sekolah Luar Biasa (SLB) Lombok Barat dan berbagai hiburan juga turut dihadirkan.

Sosialaisasi oleh PTGMI membicarakan bagaimana cara yang tepat untuk merawat gigi dan mulut.

 ” Gigi dan Mulut adalah organ pertama dalam sistem pencernaan manusia yang dilalui makanan, maka harus sehat,” semangat Cahyo, perwakilan pesatuan terapis gigi ini.

BPOM Kota Mataram tidak ketinggalan mengingatkan masyarakat, akan bahaya mengonsumsi makanan, dan obat-obatan yang tidak sesuai standar kesehatan.

Kepala bidang Informasi dan Komunikasi BPOM, Nyoman mengajak untuk selalu melakukan cek KLIK baik secara langsung, maupin melalui aplikasi BPOM. Cek KLIK berarti memeriksa Kemasan, Label, Izin edar, dan Kadaluarsa (KLIK) sebuah produk makanan, atau obat-obatan.

IE Kominfotik NTB juga di isi kegiatan Clean Up guna mendukung program Zero Waste Pemprov NTB.

PMI mendapat kesempatan selanjutnya, memaparkan tentang keuntungan donor darah, dan bahaya malaria. Dilanjutkan dengan sosialisasi SLB Lombok barat, dengan aneka karya siswanya.

Sosialisasi ditutup dengan pembagian hadiah bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan fasilitator. Pada akhir acara ridak lupa diumumkan bahwa pekan depan akan ada acara besar besar  HUT Balmon yang akan dihadiri orang no. 2 di NTB.

Selain menjadi tempat berolahraga, CFD Udayana menjadi ajang edukasi publik dengan adanya IE.

Sayangnya, meski bernama Car Free Day, ada saja kendaraan bermesin yang berlalu lalang pada saat acara IE berlangsung. (ZM.AW)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *