GPM Gedor DPRD Sumbawa, Tuntut Perbaikan Jalan Batu Lanteh

SUMBAWA, Zonamerah.net — Sejumlah aktivis Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Musuk (GPM), menggelar hearing bersama komisi III DPRD Sumbawa, pada Rabu, (24/2/21).

Hearing tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Komisi III DPRD, Hamza Abdullah, membahas 3 persoalan terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Batu Lanteh, khususnya jalan Tepal Tangkam Pulit, perbaikan dan pengaspalan jalan ruas Batu Dulang Punik, dan pemasangan lampu penerangan jalan umum di wilayah Lingkungan Desa Batu Dulang. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Komisi III DPRD Sumbawa Hamza Abdullah beserta anggotanya, Camat Batu Lanteh Ir. Widodo, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Muhammad Ikhsan Imanuddin  ST, Kabid Fisik Bappeda Ivan Indrajaya ST, PRKP Suharto bersama tim Ahli DPRD Kabupaten Sumbawa Tri Satriawansyah ST.MT, dan Abdul Ma’ruf Rahmat SP, kemudian Ketua GPM, Sugianto beserta pengurus, sejumlah tokoh senior pemuda Batu Lahteh, Edy Kurniawansyah, M.Pd, Ubaydullah, M.Pd, Dr. Adnan,M.Pd, Saputra Akbar Yasin, S.Kep, Ruslan, S.Pd dan Sulman, S.Pd. 

Pada kesempatan awal, Tokoh Muda Tangkam Pulit, Edy Kurniawansyah, SPd.MPd secara tegas dan lugas menyampaikan 3 permasalahan yang terjadi di wilayah Batu Lanteh. 

“Kami berharap kepada Pemerintah Daerah agar ada alokasi anggaran dari dana DAK  atau apapun itu, untuk perbaikan jalan dari Dusun Punik Desa Batu Dulang, ke Desa  Tepal. Kemudian dari Desa Tepal menuju Desa Tangkampulit hingga Baturotok,” pungkas Edy Kurniawansyah. 

Selanjutnya, Ubaidullah MPd juga dalam kesempatan tersebut juga menanyakan kejelasan anggaran jalan infrastruktur di Desa Tepal dan Desa Tangkam Pulit. 

“Kami ingin mempertanyakan kontribusi Pemda untuk jalan ke Batu Lanteh, terutama ruas jalan Tepal-Tangkam Pulit. Karena memang ini titik fokus kita, kasihan kalau kita lewati tanjakan sebelum Tepal itu harus makan waktu 3 sampai 4 jam. Hal ini disebabkan karena kondisi jalan yang sangat parah,” pungkas Ubaidullah. 

Dikesempatan yang sama pula, Kades Batu Dulang, Isnaini juga sampaikan beberapa titik jalan yang sangat diperlukan untuk diperbaiki diantaranya, adalah jalan di   Peruak Brang Treng, kemudian pada ruas  jalan dari Batu Dulang ke Desa punik. 

“Kami lebih mendorong untuk dianggarkan 8 titik rawan melalui APBD, yakni, 1. Tepal -Tangkam Pulit 7 KM, 2. Peruak Tepal, 3. Peruak Berang Sebana, 4. Peruak Bakong, 5. Peruak Berang Puasa, 6. Peruak Berang Tangkam Pulit, 7. Peruak Melaka, 8. Peruak Miri untuk dilakukan rabat beton. Dan kami berharap setiap tahun melalui APBD bisa dianggarkan, terlebih bisa masuk dalam prioritas Pokir Anggota Dewan yang terhormat di Dapil V,” harapnya

Menanggapi permintaan tersebut, Ketua Komisi III, Hamzah Abdullah mengharapkan ada proporsi anggaran pada ruas jalan yang dimaksud GPM. Dan di akhir pertemuan dirinya juga meminta kesediaan Anggota Komisi III untuk secara serius menangani persoalan ini 

“Kami nanti akan mengkonfirmasi dan mengkoordinasikan dengan anggota DPRD lainnya yang berasal dari dapil V, agar dapat memperhatikan aspirasi warga Desa Tangkam Pulit,” pungkas Hamza Abdullah. 

Untuk diketahui, kesimpupan dari pertemuan tersebut adalah, 1. Kepada Pemerintah Daerah untuk menganggarkan penyusunan dokumen AMDAL jalan Batu Dulang pada APBD Perubahan Kabupaten Sumbawa  Tahun 2021, 2. Mendorong komitmen anggaran untuk Desa Tangkam Pulit melalui serapan aspirasi anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Dapil V pada APBD 2021/2022, 3. Kepada Pemerintah Daerah diharapkan dapat menyediakan anggaran rutin  pemeliharaan jalan yang diarahkan pada perbaikan tempat-tempat yang dikoordinasi dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat, 4. Diharapkan kepada Dinas terkait untuk menyediakan anggaran rutin pemeliharaan jalan Desa Tangkam Pulit pada Dinas PUPR yang ditambahkan sebesar Rp.400.000.000 untuk tahun 2020. (ZM.Yan) 

Bagikan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *