Program Eksplore Tepal, Ajang Memperkenalkan Adat dan Budaya Sumbawa

SUMBAWA, Zonamerah.net — Tepal merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, yang sampai saat ini masih belum memiliki infrastruktur jalan yang memadai, sehingga sangat menyulitkan masyarakat dalam membangun iklim ekonomi dan memobilisasi hasil pertanian dan perkebunan. Dan keadaan ini dianggap sebagai peluang untuk memperkenalkan Tepal kepada masyarakat luas dan dunia melalui program yang dinamakan Eksplor Tepal.

Ketua Karang Taruna Desa Tepal, Andi Murdani kepada awak media ini, Rabu (3/3), menerangkan, bahwa kegiatan Eksplor Tepal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan Desa Tepal kepada masyarakat luas. 

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan Desa Tepal memiliki nilai tersendiri, yaitu nilai historis yang luar biasa. Karena disinilah tokoh ulama Nusantara yang bernama Syekh Zainuddin Al Tepaly dilahirkan,” ungkapnya. 

Sambung Andi sapaan akrabnya, Desa Tepal juga dikenal sebagai salah satu Desa yang sampai hari ini menjadi representasi masyarakat Sumbawa pada umumnya, berkaitan dengan adat istiadat dan budaya Sumbawa, serta keindahan alam yang sangat memanjakan mata.

“Kalau ingin mengenal Sumbawa, datanglah ke Tepal,” pungkas Andi Murdani.

Sementara itu, Ketua Panitia Program Eksplore Tepal, Samsul Hidayat mengatakan, bahwa kegiatan Eksplor Tepal  ini akan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 3 sampai 4 April 2021.

“Dalam program ini akan ada kegiatan trabas, penghijauan, bazar tradisional, pentas budaya, dan bakti sosial,” ucap Sem sapaan akrabnya.

Lanjut Sem, bahwa pihaknya sampai dengan saat ini masih membuka pendaftaran untuk peserta trabas dan fokus persiapan teknis, mengingat waktu tinggal menghitung hari. Untuk informasi lengkap berkaitan dengan kegiatan ini, bisa datang ke sekretariat kami di jalan Baypass sering depan Kampus Universitas Samawa. 

“Kegiatan trabas sebagai kegiatan unggulan dalam program kali ini, karena dipandang sangat cocok dengan kondisi jalan, sehingga hal ini menjadi daya tarik dan tantangan tersendiri bagi para pecinta trabas,” ujarnya. 

Selain sensasi mengarungi gelombang darat di jalan, para peserta trabas akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih alami dan asri. Tidak hanya itu, peserta kegiatan ini akan dimanjakan dengan pentas budaya tepal untuk menemani malam dalam melepas lelah, dan mengupayakan pengenalan hasil komoditas pertanian dan perkebunan dalam kegiatan bazar tradisional dan wujud kepedulian sosial dan lingkungan dalam kegiatan penanaman pohon.  

“Semua masyarakat mendukung program Eksplore Tepal ini dapat terselenggarakan dengan baik dan lancar,” tandas Samsul Hidayat. (ZM/Yan) 

Bagikan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *