Gelar Pelatihan Jurnalistik, Pemda Sumbawa Barat Apresiasi SPRI

SUMBAWA BARAT, Zonamerah.net — Kasubbag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sumbawa Barat, Roy Marhandra SE M.Sos mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik kepada mahasiswa yang digelar oleh Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Cabang Sumbawa Barat di Kedai Sawah Kompleks KTC Taliwang, Minggu (12/9).

Menurut Roy, kegiatan pelatihan untuk mahasiswa ini sangat bermanfaat bagi anak muda yang mempunyai minat dan bakat serta ingin mengembangkan diri di bidang jurnalistik.

“Kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan SPRI Cabang Sumbawa Barat, semoga kegiatan ini akan menghasilkan penulis-penulis muda yang berkualitas,” kata Roy.

Bahkan Roy pun ingin mahasiswa di Sumbawa Barat mempunyai lembaga pers kampus yang akan mewadahi mahasiswa dalam mengembangkan karya jurnalistiknya.

“Saya berharap SPRI dapat membina mahasiswa ini ke depannya, bila perlu mengarahkan mereka untuk membuat lembaga pers kampus,” ujar Roy.

Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa, tambah Roy, oleh karenanya, dengan pelatihan jurnalistik ini muncul penulis-penulis baru yang berkualitas.

Roy mengatakan bahwa, karya jurnalistik atau pers adalah salah satu pilar demokrasi pembangunan bangsa.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kasi Intel Kejari Sumbawa Barat, I Nengah Ardika. Ia sangat setuju dengan kegiatan yang dilaksanakan SPRI Cabang Sumbawa Barat.

Menurutnya, pers di Indonesia bisa menjadi sarana informasi, sarana peningkatan ekonomi, dan bisa membawa hal positif.

“Kami berharap adik-adik mahasiswa yang ikut dalam kegiatan pelatihan jurnalistik ini nantinya bisa menjadi wartawan yang handal dan ikut serta membangun bangsa ini,” harapnya.

Ia menambahkan, bahwa pers berfungsi sebagai kontrol sosial dan tidak boleh diganggu kebebasannya, asalkan sesuai dengan kode etik dan UU pers yang berlaku.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Unit Intel Kodim 1628/SB, Letda Syaiful berharap, dari pelatihan jurnalistik ini dapat menghasilkan penulis-penulis bahkan wartawan yang handal dan memiliki profesionalitas serta idealisme yang tinggi, sehingga fungsi dan perannya dapat berjalan baik.

“Saya berharap sinergitas kita semua dapat berjalan baik dalam membangun daerah ini. Saya yakin pers sebagai salah satu pilar demokrasi dapat menjalankan fungsinya dengan baik,” ujarnya.

Pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan oleh SPRI Cabang Sumbawa Barat mengangkat tema “pentingnya pers kampus dalam pergerakan mahasiswa,” tutupnya I Nengah Ardika. (ZM.Yan) 

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *